728x90 AdSpace

.

Latest News

Selasa, 07 Oktober 2014

Avast vs AVG, Duel Antivirus Gratis Terbaik 2014

Kalian semua para pengguna PC, pasti tidak lupa untuk memasang Antivirus kan? Terkadang kamu bertanya-tanya, Antivirus mana sih yang enak, yang tidak membuat berat komputer, tidak rewel, handal, dsb. Dari pertanyaan-pertanyaan tersebutlah kali ini kami akan kasih kamu artikel duel antara dua antivirus terpopuler di dunia yaitu avast! Free Antivirus 2014 dan AVG Free Antivirus 2014. Mari kita mulai.
Paket Instalasi
Di antara kedua antivirus yang berstatus “free edition” ini, Avast rupanya memiliki ukuran file instalasi yang lebih kecil dibandingkan dengan AVG. Avast hanya butuh 89 MB dan AVG membutuhkan 154 MB. Namun yang mengejutkan ialah Avast membawa tool yang lebih lengkap, ia juga membawa software updater, GrimeFighter, avast! Gadget, dsb. Sedangkan AVG sepertinya hanya membawa paket compactnya termasuk Email Protection, Identity, dan Web Browsing. Untuk segmen ini, Avast masih mengungguli AVG.
Tampilan
Mengenai segmen tampilan, kami hanya akan membedakan kedua antivirus berdasarkan keserasiannya dengan OS Windows. Avast dalam kurun waktu 10 tahun ini memberikan peningkatan dalam hal tampilan dengan sangat baik. Bagi pengguna loyal, pasti masih ingat dengan tampilan masa lalu Avast yang sedikit “nyeleneh” seperti Music Player. Kini Avast yang sudah dewasa memberikan kamu tampilan yang bersih dan elegan dengan tabel statistik yang keren.
Bagaimana dengan AVG? AVG juga tidak mau kalah dengan tren Metro Style dari Windows 8. Ia berusaha untuk menyerasikan tampilannya dengan tombol-tombol persegi yang besar dan kontras ditambah dengan transisi antar menu yang lembut. Kami rasa untuk segmen ini kedua antivirus memiliki kelebihannya masing-masing.

Penggunaan RAM
Hal mengenai penggunaan RAM ini memang sedikit sensitif bagi para pengguna, karena dari sinilah dapat diketahui apakah antivirus yang kamu pakai memberatkan keseluruhan computer atau tidak. Kami membagi aktivitas RAM mereka disaat idle dan disaat melakukan scan.
Dapat kita lihat bahwa Avast dapat mengungguli AVG dalam hal penggunaan RAM, baik saat idle maupun saat scan. Namun walaupun begitu, AVG juga memiliki fitur yang cukup mumpuni dalam hal scan yaitu Scan Process Priority yang dapat mengatur seberapa cepat proses scan yang kamu inginkan bergantung kepada prioritas yang diambil.

Proteksi
Antivirus tapi tidak bisa digunakan untuk menghilangkan virus? untuk apa coba? Ini fitur yang paling penting dari seluruh fitur yang disuguhkan oleh setiap antivirus yang beredar di luar sana. Dan bagaimana dengan Avast dan AVG? Untuk mengujian kali ini Jaka akan mengandalkan av-test.org dan av-comparatives.org sebagai web paling terpercaya dalam hal skor antivirus. Tes paling terbaru yang telah dilakukan ialah pada Juni 2014, dimana dalam hal Real-World Protection Test, Avast hanya sedikit mengungguli AVG dengan 97% berbanding 96,8%. Namun AVG melakukan satu kali false alarm (kesalahan deteksi) sedangkan Avast 100% dapat membedakan virus dengan file normal. Avast dalam hal krusial ini unggul dari AVG.
Fitur yang Mengganggu
Masing-masing dari antivirus yang kita bahas kali ini sebenarnya memiliki fitur yang cukup mengganggu yang kami harapkan tidak ada. Avast memiliki countdown yang cukup mengganggu pada home screennya untuk segera melakukan registrasi bagi para usernya. Sedangkan pada home screen AVG, terdapat iklan besar yang mengajakmu untuk mencoba trial dari AVG Internet Security. Apabila kamu adalah orang yang sering melakukan scan berkala, pasti akan bosan akan tampilan yang tidak menarik tersebut.
Oke, begitulah hasil dari duel kita kali ini. Jaka kembalikan kembali kepada kalian wahai para pembaca untuk menilai antivirus mana sih yang paling cocok dengan aktivitas sehari-hari. Jadi, kamu lebih suka yang mana?

sumber : Jalantikus
Avast vs AVG, Duel Antivirus Gratis Terbaik 2014
  • Title : Avast vs AVG, Duel Antivirus Gratis Terbaik 2014
  • Posted by :
  • Date : 17.14
  • Labels :
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

1 komentar:

Top